Scroll untuk baca artikel
Sejarah

Jejak Sejarah Kelurahan Rongtengah: Dari Roomtengah hingga SD Negeri Rongtengah 1

73
×

Jejak Sejarah Kelurahan Rongtengah: Dari Roomtengah hingga SD Negeri Rongtengah 1

Sebarkan artikel ini
Peta Sampang 1882 Leiden University Libraries Digital Collections
Peta Sampang 1882 Leiden University Libraries Digital Collections

Kelurahan Rongtengah, yang sekarang kita kenal, memiliki akar sejarah yang kuat, dengan perubahan nama yang mencerminkan perjalanan panjangnya. Pada tahun 1883, berdasarkan catatan dari Leiden Digital Collections, kampung ini dikenal sebagai Roomtengah. Namun, setelah era kemerdekaan Republik Indonesia, Roomtengah berubah nama menjadi Kelurahan Rongtengah.

Perubahan nama ini mungkin hanya satu bagian kecil dari cerita menarik yang dimiliki oleh Kelurahan Rongtengah, Sampang. Salah satu jejak bersejarah yang patut dibanggakan adalah keberadaan SD Negeri Rongtengah 1. Sekolah ini bukanlah sekolah biasa. Ini adalah institusi pendidikan tertua dan paling bersejarah di daerah ini, telah ada selama lebih dari satu abad.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

SD Negeri Rongtengah 1 telah menyaksikan banyak perubahan dalam sejarah Indonesia. Mulai dari masa kolonial hingga kemerdekaan, sekolah ini telah menjadi tempat pembelajaran bagi banyak generasi anak-anak Indonesia. Jejak pendidikan yang membanggakan ini adalah bagian tak terpisahkan dari Kelurahan Rongtengah, yang memperkaya warisan sejarahnya.

Di samping perubahan nama dan peran pendidikan bersejarah, Kelurahan Rongtengah juga memiliki rumah peninggalan almarhum Haji Mohammad Noer. Rumah ini adalah saksi bisu pengabdian beliau kepada masyarakat dan negara. Dalam setiap sudut rumah ini, tersimpan cerita-cerita berharga tentang bagaimana beliau memimpin Jawa Timur pada masa penuh tantangan.

Almarhum Haji Mohammad Noer adalah sosok yang dihormati dan dikenang oleh banyak orang. Rumah ini adalah tempat di mana banyak kebijakan strategis dibuat untuk kemajuan Jawa Timur. Melihat arsitektur dan furnitur yang dipertahankan dengan baik, kita dapat merasakan atmosfer dari era tersebut.

Sebagai kelurahan yang kaya akan sejarahnya, Rongtengah tetap memiliki peran penting dalam mengabadikan jejak-jejak berharga ini. Semoga rumah peninggalan almarhum Haji Mohammad Noer tetap terjaga dan menjadi inspirasi bagi generasi masa depan.

Demikianlah cerita tentang Kelurahan Rongtengah, yang berubah dari Roomtengah, serta tentang SD Negeri Rongtengah 1 dan rumah peninggalan almarhum Haji Mohammad Noer. Semua ini adalah bagian berharga dari sejarah Jawa Timur yang patut kita kenang dan lestarikan.