Scroll untuk baca artikel
Budaya

Ngosar, Tradisi Warga Sampang Membersihkan Kuburan Menjelang Lebaran

65
×

Ngosar, Tradisi Warga Sampang Membersihkan Kuburan Menjelang Lebaran

Sebarkan artikel ini
Ngosar, Tradisi Warga Sampang Membersihkan Kuburan Menjelang Lebaran

Sampang – Di menjelang Hari Raya Idul Fitri, tradisi bersih-bersih kuburan keluarga atau yang dikenal dengan Ngosar, menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat di Madura. Kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan dan merawat makam para leluhur serta mempersiapkan tempat ziarah bagi keluarga yang datang.

Salah satu warga, Bapak Andi, mengatakan bahwa kegiatan Ngosar ini dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat Madura. “Ngosar itu sudah jadi tradisi bagi kami di Madura. Kami akan membersihkan kuburan keluarga mulai dari merapikan taman, membersihkan batu nisan, serta membersihkan sampah-sampah yang ada di sekitar makam,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi antar keluarga yang bisa bertemu di kuburan dan mendoakan para leluhur bersama-sama. “Ngosar juga menjadi ajang silaturahmi bagi keluarga yang jauh. Karena di hari biasa mungkin tidak bisa bertemu, tapi di hari ini, kita bisa bertemu dan mendoakan para leluhur bersama-sama,” ujarnya.

Pantauan di lokasi, warga yang datang untuk membersihkan makam ini juga berlangsung hingga menjelang akhir Ramadan nanti. Sebab, warga Sampang mampunyai istilah “Ngosar” atau membersihkan makam. Biasanya, dilakukan sepekan sebelum hari raya Idul Fitri. “Nanti menjelang hari raya juga ada Ngosar,” imbuhnya.

Bapak Andi menambahkan bahwa kegiatan Ngosar juga dilakukan untuk mempersiapkan tempat ziarah bagi keluarga yang datang. “Dengan membersihkan kuburan, maka keluarga yang datang untuk ziarah akan merasa nyaman dan tenang. Sehingga mereka bisa berdoa dengan khidmat di kuburan,” tutupnya.