Scroll untuk baca artikel
Berita

Pemerintah Kabupaten Sampang Berhasil Meraih Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award Pertama di Madura.

29
×

Pemerintah Kabupaten Sampang Berhasil Meraih Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award Pertama di Madura.

Sebarkan artikel ini
Foto : Prokopim Pemkab Sampang
Foto : Prokopim Pemkab Sampang

Sampang, Madura – Pemerintah Kabupaten Sampang berhasil meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) award pertama di Madura. Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia sebagai bentuk apresiasi atas upaya Kabupaten Sampang dalam meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas.

Bupati Sampang, Slamet Junaidi, mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan hasil dari kerja keras dan sinergi antara pemerintah, tenaga kesehatan, serta masyarakat dalam meningkatkan akses terhadap layanan kesehatan yang merata di seluruh wilayah Kabupaten Sampang.

Salah satu program unggulan yang dijalankan oleh Kabupaten Sampang dalam rangka meningkatkan akses layanan kesehatan adalah Program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). Program ini memberikan akses kesehatan gratis bagi masyarakat kurang mampu di seluruh wilayah Kabupaten Sampang.

Penghargaan bertajuk “Wujud nyata komitmen Pemda dalam mendukung program jaminan kesehatan nasional bagi masyarakat Indonesia,” diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Indonesia KH. Ma’ruf Amin melalui Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan disaksikan oleh Menteri PMK, Menteri Keuangan, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Kepala Bappenas, Direktur BPJS Kesehatan dan Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional di Balai Sudirman, Jakarta, Selasa (14/3/2023).

Penghargaan tersebut diberikan juga kepada 22 provinsi dan 334 kabupaten/kota di Indonesia termasuk Kabupaten Sampang. sebagai bentuk penghargaan atas upaya optimalisasi penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Penghargaan UHC award ini menjadi motivasi bagi Kabupaten Sampang untuk terus meningkatkan kualitas dan akses terhadap layanan kesehatan yang lebih baik di masa depan.