Scroll untuk baca artikel
Berita

Dinas Koperasi Sampang Uji Coba Operasional Pasar Margalela untuk Tingkatkan Ekonomi Warga

108
×

Dinas Koperasi Sampang Uji Coba Operasional Pasar Margalela untuk Tingkatkan Ekonomi Warga

Sebarkan artikel ini
Kepala Diskopindag Sampang Chairijah, Rabu (12/6/2024).
Kepala Diskopindag Sampang Chairijah, Rabu (12/6/2024).

Uji Coba Operasional Pasar Margalela Sampang untuk Meningkatkan Ekonomi Warga

Sampang, Jawa Timur – Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kabupaten Sampang Madura melakukan uji coba operasional Pasar Margalela di Jalan Syamsul Arifin, Rabu (12/6/2024). Pj Bupati Sampang, Rudi Arifiyanto, hadir dalam inspeksi mendadak untuk meninjau langsung kondisi pasar yang kini mulai ramai oleh para pedagang.

Menurut laporan dari RRI.co.id, Pasar Margalela yang sebelumnya belum difungsikan secara optimal kini dibuka sebagai upaya Pemkab Sampang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. “Dibukanya Pasar Margalela merupakan upaya Pemkab Sampang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Kepala Diskopindag Sampang, Chairijah, Rabu (12/6/2024).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Penempatan Pedagang di Pasar Margalela

Saat ini, para pedagang menempati lokasi sementara di depan dan samping Pasar Margalela dengan membawa lapak mereka sendiri. Dalam tiga bulan ke depan, para pedagang yang konsisten berjualan akan dipermanenkan untuk menempati los dan kios di pasar ini. “Kami memiliki tim yang akan mendata dan mengevaluasi pedagang. Jika hanya berjualan beberapa hari saja, mereka akan digantikan oleh pedagang lain yang benar-benar berkomitmen,” jelas Chairijah.

Fleksibilitas Jam Operasional

Chairijah juga menambahkan bahwa saat ini belum ada pembatasan jam operasional bagi para pedagang. Mereka bahkan diperbolehkan beroperasi hingga jam 12 malam jika berkenan. “Dalam tahap uji coba ini, kami akan melihat perkembangan ke depan untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut,” tambahnya.

Dukungan untuk Meningkatkan Omset Pedagang

Selain itu, Diskopindag Sampang berencana mengeluarkan himbauan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk berbelanja di Pasar Margalela sebagai bentuk dukungan untuk meningkatkan omset para pedagang.

Dengan uji coba operasional ini, diharapkan Pasar Margalela dapat berfungsi optimal dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian masyarakat Sampang. Program ini menunjukkan komitmen Pemkab Sampang dalam mendorong kesejahteraan warga melalui peningkatan aktivitas perdagangan lokal.