Tutup
Berita

Pawai 1 Muharam Meriah

×

Pawai 1 Muharam Meriah

Sebarkan artikel ini
Monumen trunojoyo
Monumen trunojoyo

Sampang – Pada tanggal 7 Desember 2010, dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1432 Hijriah, Takmir Masjid al-Jihad Banyuanyar Sampang bekerja sama dengan Disbudparpora Kabupaten Sampang menyelenggarakan sebuah kegiatan istimewa yang dikenal dengan nama “Grebek Muharram.”

Salah satu sorotan utama dalam Grebek Muharram ini adalah Parade Seribu Obor, di mana seratus becak dan 125 sepeda dihiasi obor yang menciptakan pemandangan yang memukau. Selain itu, kesenian tradisional Dug-dug yang menjadi kebanggaan masyarakat Sampang juga tampil memukau dalam acara ini, dengan salah satu grup Dug-dug terkenal, yaitu Dug-dug Permata Baru, yang dipimpin oleh H. Nurhasan.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Kegiatan ini dimulai pukul 19.00 dan menempuh rute dari lapangan Wijaya Kusuma hingga mencapai Pelabuhan Tanglok. Seiring berjalannya pawai obor, kiri dan kanan jalan dipadati oleh warga yang penasaran dan antusias untuk menyaksikan atraksi yang indah ini.

Grebek Muharram dalam bentuk Parade Seribu Obor adalah salah satu acara yang telah menjadi tradisi tahunan masyarakat Sampang untuk merayakan malam tahun baru Islam 1432 Hijriah. Acara ini bukan hanya menjadi hiburan visual yang menakjubkan tetapi juga menyatukan masyarakat dalam semangat perayaan yang penuh kebahagiaan. Dalam setiap langkahnya, kesenian tradisional dan semangat kebersamaan terpancar dengan indahnya, mengingatkan kita akan pentingnya memelihara dan merayakan warisan budaya yang berharga.