Scroll untuk baca artikel
Berita

SLBN Sampang dan SLBN Banyuates: Meningkatkan Kualitas Hidup Anak-anak Berkebutuhan Khusus

74
×

SLBN Sampang dan SLBN Banyuates: Meningkatkan Kualitas Hidup Anak-anak Berkebutuhan Khusus

Sebarkan artikel ini
Kanit Bintibsos Sat Binmas Polres Sampang, Aipda Liwail Amri, Ketika Mengunjungi Sekolah Luar Biasa Negeri (Slbn) Di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Jumat (4/2/2023).
Kanit Bintibsos Sat Binmas Polres Sampang, Aipda Liwail Amri, ketika mengunjungi Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Jumat (4/2/2023). foto (jatimtoday

Kabupaten Sampang memiliki dua sekolah luar biasa (SLB) yang memberikan pelayanan pendidikan khusus bagi siswa-siswi berkebutuhan khusus. Dua sekolah ini, yaitu SLBN Sampang dan SLBN Banyuates, memiliki peran penting dalam memberikan pendidikan, pelatihan, dan layanan khusus bagi anak-anak yang memerlukan perhatian khusus.

SLBN Sampang: Mengembangkan Potensi Berkebutuhan Khusus

SLBN Sampang adalah sekolah negeri yang telah berdiri sejak tahun 1982. Sekolah ini berkomitmen untuk melayani siswa-siswi berkebutuhan khusus dengan beragam jenis kelainan, termasuk tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, dan tunalaras. Terletak di Jalan Imam Bonjol No. 15A, Sampang, SLBN Sampang memiliki 11 rombongan belajar dan mampu mengakomodasi sekitar 150 siswa-siswi dengan kebutuhan khusus.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

SLBN Banyuates: Memberikan Pendidikan Berkualitas

SLBN Banyuates, sekolah negeri lainnya di Kabupaten Sampang, didirikan pada tahun 2016. Sekolah ini fokus melayani siswa-siswi berkebutuhan khusus dengan jenis kelainan tunarungu dan tunagrahita. Berlokasi di Jalan Garuda, Banyuates, SLBN Banyuates memiliki 5 rombongan belajar dengan jumlah siswa-siswi sekitar 70 orang.

Tujuan Utama Kedua SLB

Kedua SLB di Kabupaten Sampang memiliki tujuan yang sama, yaitu memberikan pendidikan, pelatihan, dan layanan khusus bagi siswa-siswi berkebutuhan khusus. Mereka berusaha keras untuk mengembangkan potensi dan kemampuan siswa-siswi sehingga mereka dapat hidup mandiri dan berkontribusi bagi masyarakat.

Program Pendidikan dan Layanan Khusus

Berikut adalah beberapa program pendidikan yang diselenggarakan oleh SLBN Sampang dan SLBN Banyuates:

  1. Pendidikan formal, meliputi pendidikan dasar dan menengah.
  2. Pendidikan nonformal, meliputi pelatihan keterampilan dan kursus.
  3. Layanan khusus, mencakup layanan psikologi, terapi, dan bimbingan konseling.

Selain fokus pada pendidikan, kedua sekolah ini juga aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial dan budaya. Mereka sering berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang diadakan oleh pemerintah daerah, organisasi sosial, dan komunitas.

Tantangan yang Dihadapi

Meskipun memiliki peran yang penting, SLBN Sampang dan SLBN Banyuates juga menghadapi beberapa tantangan, antara lain:

  1. Kurangnya ketersediaan tenaga pendidik dan kependidikan yang kompeten.
  2. Keterbatasan sarana dan prasarana pendidikan.
  3. Stigma negatif masyarakat terhadap anak-anak berkebutuhan khusus.

Namun, walaupun menghadapi berbagai tantangan ini, kedua sekolah ini terus berupaya untuk memberikan pendidikan dan layanan terbaik bagi siswa-siswi berkebutuhan khusus. Mereka berharap dapat menjadi wadah bagi anak-anak berkebutuhan khusus untuk mengembangkan potensi dan kemampuan mereka sehingga dapat meraih cita-cita dan berkontribusi positif bagi masyarakat.