Beranda Hobi Es Lilin Cabbih Permainan Tradisional Madura

Es Lilin Cabbih Permainan Tradisional Madura

137
3
BERBAGI

Permainan ini biasanya dimainkan secara berkelompok, paling sedikit diikuti oleh 4 orang anak, biasanya berpasangan, semakin banyak anak bergabung maka semakin ramai dan seru. Pada sore ataupun pada saat senggang ketika anak sudah terbebas dari rutinitas kegiatan wajib, misalnya belajar atau mengaji biasanya mereka berkumpul.
Nyanyian dan permainan Es Lilin Cabbi ini berirama mars, cukup dinamis, dan mampu mengundang suasana hati yang cukup menyenangkan dan menggembirakan. Bukan hanya lagunya yang dinamis, tetapi juga gerakan-gerakan dalam permainan ini mengasah. motorik anak.

Es lilin campor cabbi, ayo, bi,Bittas ngonyer, ayo nyer,Nyerra otang, ayo tang,Tanggal ennem, ayo nem,Nembung pete’, ayo te’Tekos juling, ayo ling,Lingker olar, ayo lar,Lar barongso, ayo so,Soma raja, ayo ja,Ja maraja
Lagu dan permainan ini dilakukan secara bersamaan, sambil bernyanyi mereka membentuk lingkaran dan berputar dalam posisi tangan saling berpegangan dan berhadapan. Setelah bait terakhir berakhir maka anak-anak yang bermain secara bersamaan membalikkan badan tanpa melepaskan genggaman tangan. Setelah itu mereka mencari pasangan untuk saling mengaitkan salah satu kaki. Setelah itu mereka saling bertahan agar kaki mereka yang tertaut tidak lepas. Terkadang untuk menambah permainan semakin seru, pasangan-pasangan yang kakinya saling bertaut melompat bersamaan. Kalau tautan kaki sepasang anak-anak tersebut lepas, ini menandakan pasangan tersebut kalah.
Biasanya permainan dimainkan berkali-kali, sampai semua pasangan merasakan kalah. Gelak tawa keceriaan dan aroma kegembiraan senantiasa mengiringi permainan ini. Nyanyian dan permainan ini bukan hanya mampu mendidik anak-anak bersosialisasi dengan teman sebaya, tetapi juga sebagai arena olahraga untuk menyehatkan badan. Karena seluruh aktivitas permainan ini penuh gerakan-gerakan yang menuntut anak bersikap aktif dan dinamis.

Sumber :     Lilik Rosida Irmawati

Judul Asli: Es Lilin Cabbi

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here