Scroll untuk baca artikel
Event

Menggali Kekayaan Warisan Intelektual Melalui Ngaji Manuskrip Madura

32
×

Menggali Kekayaan Warisan Intelektual Melalui Ngaji Manuskrip Madura

Sebarkan artikel ini
Kyai Haji Habibullah Dari Kiri Beserta Gus Nuris Dan Moderator Saat Acara Berlangsung
Kyai Haji Habibullah dari kiri beserta Gus Nuris dan Moderator Saat acara berlangsung

Sampang, Madura – Kerjasama yang kuat antara Komunitas Madura Heritage, Maksideh Kafe, serta Ipnu dan Ippnu Kabupaten Sampang berhasil menggelar acara “Ngopi dan Ngaji Manuskrip” yang menghadirkan pemahaman mendalam tentang warisan intelektual dan budaya Madura. Acara ini menjadi wadah bagi para ulama terkemuka untuk berbagi pemahaman tentang sejarah dan manuskrip Islami.

Salah satu tokoh utama yang menjadi pembicara dalam acara ini adalah Kyai Haji Habibullah, seorang ulama dan pendiri Perpustakaan Islam Raden Umro di Pamekasan. Beliau membawa pengetahuan yang berharga tentang manuskrip Islami dan kekayaan khasanah Madura. Dalam ceramahnya, Kyai Haji Habibullah menekankan pentingnya merawat dan memahami manuskrip peninggalan ulama Madura, sehingga pengetahuan berharga ini dapat diteruskan kepada generasi muda. Digitalisasi manuskrip juga menjadi sorotan penting agar warisan ini tetap terjaga dan dapat diakses oleh semua orang.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Gus Nuris, Filolog muda dari Kabupaten Pamekasan, turut berbicara tentang peran penting generasi muda, khususnya anggota Ipnu dan Ippnu Kabupaten Sampang, dalam menyelamatkan manuskrip yang berharga yang tersebar di Kabupaten Sampang. Gus Nuris memotivasi teman-temannya untuk aktif terlibat dalam usaha pelestarian warisan ini.

Acara yang berlangsung meriah ini juga dihadiri oleh Kabid Bidang Kearsipan, Ibu Evi, yang mewakili Dinas Kearsipan. Beliau menyambut baik adanya acara ini dan berharap agar kegiatan serupa dapat sering diadakan di Kabupaten Sampang.

Keberhasilan acara Ngaji Manuskrip ini tidak terlepas dari kerjasama erat antara Ipnu dan Ippnu Sampang, yang dengan sepenuh hati mendukung kelancaran acara ini. Kolaborasi yang kuat ini menjadi salah satu langkah positif dalam melestarikan kekayaan budaya dan intelektual Madura.

Acara Ngaji Manuskrip ini menjadi momen berharga dalam upaya merawat dan memahami warisan intelektual dan budaya Madura. Diharapkan, acara seperti ini dapat terus berlanjut dan semakin banyak generasi muda yang terinspirasi untuk turut serta dalam pelestarian manuskrip dan warisan berharga lainnya.