Scroll untuk baca artikel
Education

Mengungkap Sejarah dan Keberkahan Pondok Pesantren Al-Ihsan Jrangoan di Sampang

196
×

Mengungkap Sejarah dan Keberkahan Pondok Pesantren Al-Ihsan Jrangoan di Sampang

Sebarkan artikel ini
Anies Baswedan Saat Bersama Pengasuh Ponpes Al - Ihsan Jrangoan.
Anies Baswedan saat bersama Pengasuh Ponpes Al - Ihsan Jrangoan.

Pondok Pesantren Al-Ihsan Jrangoan, Kecamatan Omben, Sampang, merupakan perwujudan mutiara sejarah. Pesantren ini, yang telah berdiri selama berabad-abad, telah mencetak alumni yang disegani di seluruh nusantara. Terletak di Desa Jrangoan Kecamatan Omben Kabupaten Sampang, pesantren ini diakui sebagai sumber pengetahuan agama yang berharga.

Asal Usul dan Keunikan Pondok Pesantren Al-Ihsan Jrangoan

Pendirian pesantren Al-Ihsan ini memiliki latar belakang historis yang memukau. Lanskap dan budaya unik pesantren telah menjadi daya tarik utama bagi masyarakat setempat yang ingin belajar dan mengabdi di bawah bimbingan KH. Mahrus Abd Malik.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Pesantren ini telah melahirkan banyak tokoh pembimbing masyarakat, baik di tingkat lokal, regional, maupun nasional. Tokoh-tokoh terkenal seperti KH. Abdurahman Navis, KH. Cholil Navis, dan banyak kiai lainnya berasal dari pesantren ini.

Asal Usul Nama Jrangoan dan Peran Raden Ahmad

Pendiri pertama yang mengenalkan Islam di kawasan Jrangoan adalah Raden Ahmad. Ia memulai dakwah Islamiyyah dengan memberikan bimbingan mengaji kepada anak-anak gembala di daerah tersebut. Dari sini, nama Jrangoan berasal dari kata “Jhere” yang berarti belajar, dan “Nguan” yang berarti gembala. Jrangoan secara harfiah berarti belajarnya (seorang) pengembala.

Profil Pondok Pesantren Al-Ihsan Jrangoan

Pondok Pesantren Al-Ihsan Jrangoan adalah salah satu pondok pesantren besar di Kabupaten Sampang yang masih memegang teguh tradisi salafussalih. Saat ini, pondok ini dipimpin oleh almukarrom KH. Mahrus Malik, yang merupakan generasi kedelapan dari keluarga pendiri pesantren.

Pendidikan di Pondok Pesantren Al-Ihsan Jrangoan

Pondok pesantren ini menyediakan pendidikan formal dan non-formal, termasuk RA Salafiyah Syafiiyah, MI Salafiyah Syafi’iyah, MTs Salafiyah Syafi’iyah, MA Salafiyah Syafi’iyah, Madrasah Diniyyah, TPQ, dan berbagai kegiatan ekstrakurikuler seperti tahfidzul Qur’an, kajian Kitab kuning, tahlil, dan lainnya.

Fasilitas di Pondok Pesantren Al-Ihsan Jrangoan

Pondok pesantren ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas termasuk masjid, asrama pesantren, gedung sekolah, gudang, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, dan lainnya, yang semua ini mendukung proses pendidikan dan pengembangan pesantren.

Alamat Pondok Pesantren Al-Ihsan Jrangoan

Klampok, Jrangoan, Omben, Pulau Madura, Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Kode Pos: 69291.

Dengan sejarah panjang dan peran pentingnya dalam pendidikan agama, Pondok Pesantren Al-Ihsan Jrangoan tetap menjadi penjaga tradisi dan pusat pendidikan yang berpengaruh di wilayahnya.