Scroll untuk baca artikel
Berita

Pasar Srimangunan: Jejak Sejarah dan Pusat Perdagangan Terbesar di Sampang

107
×

Pasar Srimangunan: Jejak Sejarah dan Pusat Perdagangan Terbesar di Sampang

Sebarkan artikel ini
Pasar Srimangunan Kota Sampang
Pasar Srimangunan Kota Sampang

Rencana relokasi Pasar Srimangunan, salah satu pasar tradisional terbesar di Sampang, ternyata tidak hanya memengaruhi penjual barang umum, tetapi juga pedagang barang basah seperti ikan dan daging.

Rencana ini merupakan perubahan besar bagi Pasar Srimangunan yang telah berdiri sejak tahun 1820. Selama ini, pasar ini telah menjadi pusat perdagangan kebutuhan pokok, sembako, pakaian, dan barang lainnya di Kabupaten Sampang.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Pasar Srimangunan, yang terletak di Jalan Wachid Hasyim, Kelurahan Gunung Sekar, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Jawa Timur, adalah salah satu pasar terbesar dan paling bersejarah di wilayah ini. Dibangun sejak tahun 1820, pasar ini telah menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat setempat, menghadirkan berbagai kebutuhan dan mengisahkan jejak sejarah yang kaya.

Mengulik Sejarah Pasar Srimangunan

Pasar Srimangunan bermula sebagai Pasar Polowijo yang ramai dan menjadi salah satu pasar yang menyediakan kebutuhan pokok dan perikanan. Pada tahun 2005, pasar ini mengalami renovasi dan pengembangan yang mengubahnya menjadi pasar semi-modern yang nyaman. Sejak itu, pasar ini semakin menjadi pusat perdagangan dan ekonomi masyarakat setempat.

Kehidupan di Pasar Srimangunan

Pasar ini kini memiliki luas sekitar 13 hektar, menjadi rumah bagi lebih dari 3.000 pedagang yang menjual beragam barang, mulai dari kebutuhan pokok, sembako, pakaian, elektronik, hingga perhiasan. Fasilitas yang memadai, seperti tempat parkir, toilet, dan musholla, membuat kunjungan ke Pasar Srimangunan semakin nyaman.

Pasar ini buka setiap hari, mulai dari pukul 05.00 hingga 18.00 WIB. Di hari-hari tertentu, seperti hari Minggu, pasar ini akan buka lebih lama, hingga pukul 20.00 WIB, memberikan lebih banyak waktu bagi pengunjung untuk berbelanja.

Mengapa Pasar Srimangunan Istimewa?

“Pasar 1.000 Pedagang”:

Julukan ini melekat pada Pasar Srimangunan karena jumlah pedagangnya yang sangat banyak. Ini adalah tempat yang sempurna untuk mengeksplorasi berbagai macam barang.

Destinasi Kuliner:

Pasar ini juga dikenal sebagai destinasi wisata kuliner di Kabupaten Sampang. Anda bisa menikmati beragam hidangan lezat yang dijual di sini.

Pasar Terbaik di Jawa Timur:

Pada tahun 2019, Pasar Srimangunan dinobatkan sebagai pasar tradisional terbaik di Jawa Timur oleh Kementerian Perdagangan. Penghargaan ini mencerminkan kualitas pasar yang luar biasa.

    Pasar Srimangunan bukan sekadar tempat berbelanja, tetapi juga merupakan aset penting bagi Kabupaten Sampang. Dalam perannya yang penting, pasar ini telah meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dan menjadi pusat perdagangan di wilayah Madura bagian utara.

    Dengan sejarah yang kaya dan pesonanya yang unik, Pasar Srimangunan tetap menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik di Sampang. Selamat menjelajahi keunikan pasar tradisional yang penuh cerita ini!