Scroll untuk baca artikel
Kuliner

Madura, Surga Kuliner yang Menyimpan Ragam Kelezatan

93
×

Madura, Surga Kuliner yang Menyimpan Ragam Kelezatan

Sebarkan artikel ini
Kaldu Sumsum
Kaldu Sumsum di Sampang by WisataMadura or.id

Madura, sebuah pulau yang terletak di sebelah timur Jawa, tidak hanya terkenal dengan keindahan alam dan budayanya, tetapi juga dengan kuliner-kulinernya yang menggugah selera. Siapa yang tidak kenal dengan sate Madura, salah satu makanan khas Madura yang sudah mendunia? Namun, ternyata Madura masih menyimpan banyak makanan khas lainnya yang tidak kalah lezat dan menarik untuk dicicipi.

Salah satu makanan khas Madura yang wajib Anda coba adalah bebek songkem, yaitu bebek yang dibumbui dengan rempah-rempah kemudian dikukus dalam daun pisang. Bebek songkem memiliki rasa yang gurih dan aromatik, serta tekstur yang empuk dan lembut. Bebek songkem biasanya disajikan dengan sambal, lalapan, dan nasi hangat1.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Jika Anda ingin mencicipi hidangan khas Madura yang berbahan dasar seafood, Anda bisa mencoba lorjuk, yaitu kerang bambu yang memiliki bentuk memanjang. Lorjuk bisa diolah dengan berbagai cara, seperti ditumis, digoreng, atau dibuat rengginang. Lorjuk memiliki rasa yang gurih dan renyah, serta kaya akan protein23.

Bagi Anda yang suka dengan hidangan berkuah, Anda bisa mencoba topak ladeh, yaitu makanan khas Madura yang biasa dihidangkan saat acara besar seperti lebaran. Topak ladeh mirip dengan opor ayam, tetapi menggunakan daging sapi dan lontong sebagai bahan dasarnya. Kuah topak ladeh berwarna merah dengan bumbu yang pekat dan pedas1.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba kaldu kokot, yaitu makanan khas Madura yang terbuat dari kacang hijau yang dimasak dengan kaldu daging dan sumsum atau kikil sapi beserta tulangnya. Kaldu kokot memiliki rasa yang gurih dan kental, serta lembutnya potongan daging dan sumsum. Kaldu kokot biasanya disantap bersama nasi putih atau ketupat43.

Jika Anda ingin menikmati makanan penutup yang manis dan menyegarkan, Anda bisa mencoba tajin sobih, yaitu makanan khas Madura yang berbentuk bubur dengan isian berbagai macam seperti bubur sumsum, pacar cina, dan lainnya. Tajin sobih disajikan di atas daun pisang dan dilumuri dengan saus gula merah. Tajin sobih memiliki rasa manis dan gurih yang pas di lidah15.

Itulah beberapa makanan khas Madura yang bisa Anda coba saat berkunjung ke pulau ini. Selain rasanya yang lezat, makanan-makanan ini juga memiliki nilai budaya dan sejarah yang tinggi. Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi surga kuliner Madura dan menemukan kelezatan-kelezatan lainnya.

Sumber:

1: https://www.traveloka.com/id-id/explore/culinary/makanan-khas-madura-acc/46173

2: https://madura.tribunnews.com/2023/07/24/rekomendasi-makanan-khas-madura-ada-yang-berbahan-kerang-hingga-kaldu-kokot-yang-legendaris

4: https://www.msn.com/id-id/news/other/8-daftar-makanan-khas-madura-ada-yang-berbahan-kerang-khas-pulau-madura/ar-AA1e42xv

5: https://kumparan.com/jendela-dunia/4-makanan-tradisional-yang-autentik-asal-indonesia-20pQyeM0muU

3: https://www.tokopedia.com/blog/travel-makanan-khas-madura/