Scroll untuk baca artikel
Wisata

Hutan Bakau Bentar Alam Sampang

59
×

Hutan Bakau Bentar Alam Sampang

Sebarkan artikel ini
Hutan Bakau Bentar Alam Sampang

Kota Sampang, terletak di Pulau Madura, adalah surga bagi para pencinta pantai dan alam. Dengan pantai-pantai yang memikat yang terbentang di sepanjang utara dan selatan pulau ini, Sampang menawarkan keindahan alam yang memukau. Salah satu tempat yang harus Anda kunjungi adalah Hutan Bakau Bentar Alam.

Hutan Bakau Bentar Alam terletak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Sampang. Meskipun belum memiliki akses jalan raya yang memadai, hanya ada jalan setapak yang dibuat oleh warga setempat, hutan bakau ini memiliki potensi alam yang luar biasa, terutama bagi para backpacker dan pecinta alam. Dengan luas sekitar satu setengah lapangan bola (maaf, kami belum sempat mengukurnya dengan tepat), hutan bakau ini langsung berbatasan dengan laut, menawarkan pemandangan yang memukau.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Salah satu hal yang membuat Hutan Bakau Bentar Alam begitu istimewa adalah keberadaan burung pelikan dan berbagai jenis burung laut lainnya yang menjadikan hutan ini sebagai habitat mereka. Setiap musim kawin, Anda dapat melihat ribuan burung melintasi pohon-pohon bakau, menciptakan pemandangan yang menakjubkan. Bagi para penggemar burung, ini adalah surga tersendiri.

Namun, ada juga mitos yang mengelilingi hutan ini. Menurut cerita dari beberapa penduduk setempat, hutan ini dijaga oleh Pasir Hisap dan Ular Besar. Konon, ular ini muncul setiap kali air laut pasang purnama dan berkeliling hutan dalam pencarian makanan. Selain itu, para pemburu burung, yang disebut “Bolang,” juga memiliki tradisi unik. Mereka membawa kaset pita bekas untuk menandai jalur mereka saat berburu. Mereka menempelkan pita kaset di pohon pertama saat masuk hutan, sehingga mereka dapat dengan mudah kembali ke titik awal.

Jadi, jika Anda merencanakan perjalanan ke Sampang, jangan lupa mampir ke Hutan Bakau Bentar Alam. Nikmati keindahan alam yang masih asli dan saksikan mitos yang mengelilingi tempat ini. Ini adalah pengalaman yang tidak boleh dilewatkan bagi mereka yang mencintai keajaiban alam dan cerita-cerita lokal yang menarik.