Scroll untuk baca artikel
BeritaWisata

Desa Wisata Klobur Sampang Masuk 500 Besar ADWI 2024, Bertekad Tembus 50 Besar

84
×

Desa Wisata Klobur Sampang Masuk 500 Besar ADWI 2024, Bertekad Tembus 50 Besar

Sebarkan artikel ini
Suasana Desa Wisata Klobur, Kecamatan Sreseh, Kabupaten Sampang, Madura Saat Malam Hari.
Suasana desa wisata Klobur, Kecamatan Sreseh, Kabupaten Sampang, Madura saat malam hari. foto : tribunnews

Sampang, Madura – Desa wisata di Kabupaten Sampang terus mengalami perkembangan pesat, salah satunya adalah Desa Wisata Klobur di Kecamatan Sreseh. Destinasi ini kini telah masuk dalam 500 besar desa wisata terbaik di Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024, dengan ikon andalannya ‘Berung Ngambeng’ atau warung apung.

Perjalanan Menuju Puncak

Badan Kerjasama Antar Desa (BKD) dan Pembina Wisata Mangrove Sreseh (WMS), Ridla’i, menyatakan bahwa upaya untuk mengembangkan wisata Klobur tidak berhenti di sini. “Kami sedang berproses untuk membawa wisata ini ke 50 besar, mewakili Kabupaten Sampang,” ujarnya dengan optimisme.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Persiapan yang Matang


Untuk mencapai tahapan kurasi desa wisata, berbagai persiapan terus dilakukan. Menurut Ridla’i, beberapa ikon penting perlu dipersiapkan. “Pada saat kurasi, yang akan dilihat adalah data kelembagaan, konservasi lingkungan, sumber daya manusia (SDM), ekonomi kreatif, kebudayaan, dan faktor pendukung lainnya,” jelasnya.

Dukungan dan Infrastruktur


Pengembangan Desa Wisata Klobur memerlukan dukungan dari berbagai elemen masyarakat. Tahun ini, dukungan tersebut datang dari Dana Desa (DD) yang dialokasikan untuk mempercantik akses jalan menuju ‘Berung Ngambeng’. Pekan depan, jalan tersebut akan diaspal, memberikan kenyamanan lebih bagi para pengunjung.

Fokus pada SDM dan Fasilitas


Ridla’i menekankan bahwa yang paling mendesak untuk diperbaiki saat ini adalah SDM. “Karena kita masih pemula, peremajaan tracking dan pengembangan spot juga menjadi fokus utama kami,” tambahnya.

Dengan semua upaya ini, Desa Wisata Klobur tidak hanya bertekad untuk naik peringkat di ADWI 2024, tetapi juga untuk menjadi destinasi wisata unggulan yang memikat banyak pengunjung dan memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat.