Berita

Menjelang Idul Adha 2024, Harga Sapi di Sampang Naik Drastis

159
Pedagang Menjajakan Sapi Di Pasar Aeng Sareh, Kecamatan Kota Sampang. Foto By Radar Madura
Pedagang menjajakan sapi di Pasar Aeng Sareh, Kecamatan Kota Sampang. Foto by Radar Madura

Sampang, Jawa Timur – Menjelang Idul Adha 2024, harga sapi di Kabupaten Sampang mengalami kenaikan yang cukup signifikan dibandingkan sebelumnya. Kenaikan harga ini tidak hanya terjadi di wilayah kota, tapi juga merata hingga ke desa-desa.

Menurut laporan dari Suaraindonesia.co.id, hampir di setiap pasar hewan di Sampang, harga sapi kini mencapai lebih dari Rp 20 juta, padahal sebelumnya hanya dipatok di atas Rp 10 juta.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Memang kalau sudah memasuki lebaran Idul Adha, harga sapi naik. Kecuali pada saat Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tahun sebelumnya. Saat itu harga sapi biasa saja, bahkan turun,” kata Suyanto (46), seorang pedagang sapi asal Desa/Kecamatan Jrengik, Sampang, Minggu (09/06/2024).

Pengawasan Ketat dari Disperta KP Sampang

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Disperta KP) Sampang, Arif Rahman Hakim, menyatakan bahwa pihaknya telah membentuk tim pengawasan pembelian sapi dan daging menjelang Lebaran. Tim ini bertugas memastikan pembeli tidak perlu khawatir tentang kualitas dan kesehatan sapi yang mereka beli.

“Pembeli daging atau pembeli sapi tidak perlu waswas. Tim kami siap membantu di lapangan,” jelas Arif Rahman Hakim.

Jaminan Kualitas dan Keamanan Sapi

Arif juga menegaskan bahwa pedagang daging dan hewan, khususnya sapi, harus menjual hewan yang sehat dan layak. Hewan yang dijual harus sudah divaksinasi, dipasangi eartag, serta mendapatkan rekomendasi dari dinas terkait.

“Hewan yang dijual harus sudah menggunakan vaksinasi dan dipasang eartag, serta mendapat rekom dari dinas,” ujarnya.

Upaya ini dilakukan demi menjamin keamanan hewan menjelang Idul Adha 2024, sehingga masyarakat dapat merayakan hari besar ini dengan tenang dan nyaman.

Dengan kenaikan harga sapi yang signifikan, masyarakat Sampang diharapkan lebih berhati-hati dan memastikan sapi yang mereka beli telah memenuhi standar kesehatan yang ditetapkan. Tim pengawasan dari Disperta KP Sampang siap membantu dan memastikan kualitas hewan kurban yang dijual di pasar-pasar setempat.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca! Jangan lupa berbagi artikel ini dengan teman-teman Anda. 🌟

3of30

Exit mobile version