Menelisik Kejayaan Desa Krampon; Dari Pabrik Garam Sampai Komplek Belanda 1903-1974

Krampon adalah salah satu desa yang merekam sejarah cukup penting bagi Madura. Sejarah bahwa pulau Madura telah lama berkenalan dengan dunia industri yang dibawa oleh kolonial Belanda. Pada masanya (awal abad ke-20) Krampon menjadi kota baru, bahkan mengalahkan afdeling (Kabupaten) Sampang, sebab keberadaan Pabrik Garam serta perumahan elit dengan arsitektur ala Nederland.

Selain kemakmuran yang sebenarnya hanya dirasakan oleh orang Belanda. Desa Krampon juga merekam jeritan petani garam yang tidak mampu menghadapi monopoli kolonial.

Hari ini, kejayaan desa Krampon, hanya tinggal kenangan, serta beberapa bangunan yang masih bisa disaksikan. Maka dengan ini Madura Heritage mengajak teman-teman untuk menelisik kembali sejarah desa Krampon, serta mendiskusikan bagaimana seharusnya memperlakukan tinggalan-tinggalan kolonial yang ada di dalamnya.

Dalam acara 📜”BINCANG SEJARAH KE-VI”📜

Dengan tema

Menelisik Kejayaan Desa Krampon; Dari Pabrik Garam Sampai Komplek Belanda 1903-1974″

💎 Speaker: Drs. Edi Haryantoro (Kepala BPCB Kaltim 2009)

💎 Speaker: Diki Febrianto, S. Hum. (Penulis Sejarah Krampon)

yang akan dilaksanakan pada:

📆 Hari : Sabtu 27 Agustus 2022
⏰ Jam: 19:30 – Selesai
📍 Tampat: Via Zoom Meeting
☎️ Konfirmasi pendaftaran : 082141582565 (Lidia)

Diskusi ini bekerjasama dengan Rekan-rekanita
@pcipnusampang @pcippnu_kab.sampang

Mari ramaikan dan turut menjadi bagian untuk membumikan sejarah Pulau Madura..

Leave a Reply

Tentang Kami

Oreng Sampang  adalah website yang fokus pada media, perjalanan, serta pengembangan  seni budaya dan sejarah di Kabupaten Sampang

Recent Posts

Menulis Untuk Kami

Kami ingin bekerja dengan talenta kreatif, bersemangat, serta ingin mempromosikan seni budaya Kabupaten Sampang ke dunia. Berbagi hal-hal istimewa dan unik tentang daerah di Kabupaten Sampang, masyarakat, adat istiadat, lokasi wisata, dan kegiatan-kegiatan seni budaya .

Anda dapat berbagi cerita, pengalaman perjalanan, dan lainnya dalam bentuk artikel, dengan bergabung di sini.

Hubungi Kami

Silahkan menghubungi kami melalui private message

Melalui form yang berada pada bagian kanan halaman ini. Kritik dan saran Anda sangat penting bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanan yang kami berikan kepada Anda.