Halim Perdana Kusuma Pahlawan Nasional Dari Madura

Halim perdana kusuma
Sumber : Madura Heritage

Madura merupakan wilayah yang juga mempunyai banyak nama pahlawan nasional. Namun yang telah diakui secara resmi oleh negara adalah Abdul Halim Perdanakusuma. Lahir pada 18 November 1922 dari pasangan Haji Raden Bahauddin Wongsotaruno (Patih Sampang) dengan Raden Ayu Asiyah. Ia berpendidikan mulai dari HIS, MULO, dan MOSVIA. Tamat dari pendidikan ia menjadi calon mantri di Probolinggo, yang kemudian menyebabkannya terjaring wajib militer pada tahun 1939.

Setelah masuk dunia militer, ia melanjutkan pendidikannya di Kanada melalui rekomendasi dari Panglima Armada Inggris. Kemudian bergabung di Royal Canadian Air Force, Jurusan Navigasi. Usai dari pendidikan tersebut ia ditugaskan di Inggris sebagai perwira Angkatan Udara. Dalam tugasnya ia banyak terlibat dalam penyerangan terhadap Jerman. Kurang lebih sebanyak 42 kali ia turut serta dalam kecamuk peperangan di udara.

Pada 15 Oktober 1945 satuan pasukan Inggris mendarat di Jakarta. Dalam rangka melucuti senjata Jepang. Di antara gerombolan pasukan kulit putih tersebut ada satu orang berkulit sawo matang, yang tidak lain adalah Abdul Halim Perdanakusuma sang putera Madura. Sampai di Indonesia ia sempat dipenjara karena dicurigai sebagai anggota NICA. Namun tidak lama kemudian dibebaskan.

Putera Madura tersebut punya saham besar dalam pembentukan AURI serta pertahanan kemerdekaan RI. Dengan gagahnya ia menerobos blokade musuh untuk menyelundupkan obat-obatan dan amunisi. Bahkan ia berani melakukan penyerangan pada basis pertahanan Belanda hanya dengan modal pesawat bekas sisa jepang, yang ia perbaiki sendiri. Ia juga terlibat dalam formasi penerbangan dari Maguwo ke Kemayoran, sehingga tampaklah wibawa Angkatan Udara RI di kancah internasional. Namun pada 14 Desember 1947 ia gugur dalam kecelakaan pesawat (RI-003) di Tanjung Hantu Malaysia.

Sebagai penghargaan atas jasa heroiknya ia ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional dan namanya disematkan di Landasan Utama AURI “LANUD HALIM PERDANAKUSUMA”.

Sumber : Madura Heritage

Leave a Reply

Tentang Kami

Oreng Sampang  adalah website yang fokus pada media, perjalanan, serta pengembangan  seni budaya dan sejarah di Kabupaten Sampang

Recent Posts

Menulis Untuk Kami

Kami ingin bekerja dengan talenta kreatif, bersemangat, serta ingin mempromosikan seni budaya Kabupaten Sampang ke dunia. Berbagi hal-hal istimewa dan unik tentang daerah di Kabupaten Sampang, masyarakat, adat istiadat, lokasi wisata, dan kegiatan-kegiatan seni budaya .

Anda dapat berbagi cerita, pengalaman perjalanan, dan lainnya dalam bentuk artikel, dengan bergabung di sini.

Hubungi Kami

Silahkan menghubungi kami melalui private message

Melalui form yang berada pada bagian kanan halaman ini. Kritik dan saran Anda sangat penting bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanan yang kami berikan kepada Anda.