Desa Montor dan Eksotiknya Waduk Nipah

Desa Montor dan Eksotiknya Waduk Nipah 1

Desa Montor

Desa kecil dengan sejuta manfaat. Mungkin seperti itu jika dideskripsikan. Desa kecil itu terletak di Kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang. Banyak hal yang ada di desa Montor yang tidak dimiliki oleh desa lain di Kecamatan Banyuates, salah satunya adalah Bendungan Waduk Nipah. Waduk yang di bangun penuh kontroversi ini sekarang sangat banyak memberi manfaat bagi masyarakat sekitar seperti desa Montor.
sebagai salah satu tempat wisata bersejarah di Kabupaten Sampang, waduk Nipah masih menyisakan banyak misteri. meskipun demikian, tempat ini bisa dijadikan rekomendasi wisata alam yang memanjakan mata bagi masyarakat.
Meski saat ini manfaat itu bisa dirasakan oleh banyak orang tapi tidak bisa kita nafikan bahwasanya pertumpahan darah terjadi ketika awal mula dibangun nya bendungan nipah. Kejadian mengerikan itu terjadi 27 tahun yang lalu tepat pada tanggal 25 September 1993. Konflik ini berawal dari tanah milik masyarakat yang akan dijakadikan sebagai bendungan tidak melibatkan masyarakat. Pembebasan lahan hanya menurut Pemerintah orde baru, akan tetapi masyarakat tidak pernah mau lahan nya dijadikan sebagai bendungan. Sehingga tepat pada hari itu, masyarakat melakukan aksi penolakan terhadap perlakuan pemerintah orde baru tersebut, sehingga ada gencatan senjata dari aparat TNI dan Polisi yang menggugurkan 4 orang yang menentang pembangunan bendungan nipah.
Terlepas dari tragedi yang mengerikan itu, waduk yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 19 Mei 2016 itu sangat menguntungkan bagi petani karena tidak lagi merisaukan masalah kekurangan air dalam memproduksi pangan.
Waduk Nipah kini bukan lah neraka seperti 27 tahun lalu bagi masyarakat, karena banyak masyarakat yang di pekerjakan untuk merawat dan memantau siklus air yang ada dibendungan waduk nipah.
Sejak diresmikannya Waduk Nipah. Masyarakat Montor mengambil banyak manfaat dari waduk tersebut. Semisal menjadi tenaga keamanan, kebersihan, tim kontrol dan bersih-bersih waduk supaya tetap terjaga kelestariannya.
Selain sebagai sumber mata air bagi masyarakat Montor. Waduk Nipah ini menjadi salah satu sumber penghasilan bagi masyarakat sekitar. hal ini karena biasanya pada Hari Raya atau Hari Libur Panjang menjadi salah satu tempat wisata yang paling banyak diminati oleh warga. para pengunjung sengaja datang untuk mengambil foto dengan view alam yang begitu bagus. (luluk/ifa)
Beri Komentar Anda