Let’s travel together.

Festival Musik Tradisional Eksotika Pesisir Meriah

0

Tradisi tahunan Musik Tradisional Daol Combo yang di selenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Sampang melalui Disporabudpar semarak. Acara festival musik tradisional diselenggarakan 2 hari dengan musik tradisional Daol Combo dan musik tradisional Daol Dug – Dug. Senin (06/2019).

 

Antusias masyarakat Sampang yang menyaksikan acara tahunan ini dengan penuh sesak, berjubel di sepanjang rute yang dilalui oleh peserta.

Eksotika Pesisir 2019

Geplaatst door Sampang Kreatif op Zaterdag 15 juni 2019

 

Musik Daol Combo adalah musik saur bulan Ramadhan untuk membangunkan makan saur. Rute musik festival tradisional dimulai Strat dari Monomen Tronojoyo dan finish Jalan Syamsul Arifin dengan jumlah peserta 25 kelompok musik Daol Combo.

Kenapa Tahun Ini Acara Daul Sampang Meriah dan sukses? 
dikutip dari taberita.com

1. Daul Combo Dipisah dari Daul Dug Dug

Para penikmat musik daul bilang, sebelum-sebelumnya eksebisi Daul Combo dan Daul Combo dijadiin satu. Padahal kalo dicermati, meski sama-sama daul, corak musik keduanya beda. Daul Combo relatif selow musik dan lagunya, sementara Daul Dug Dug berirama cepat dan ngegass.

2. Grup Daul Combo Makin Pede

Di tahun-tahun sebelumnya Grup Daul Combo bisa dibilang kurang pede karena jalan bareng Grup Daul Dug Dug. Soalnya kalo pas jalan bareng bedanya kelihatan banget. Dan orang cenderung ngasih tepuk tangan buat grup Daul Dug Dug karena musiknya lebih keras dan ngebeat. Melihat kebiasaan itu, panitia akhirnya memisahkan keduanya dan itu bikin grup Daul Combo jadi pede performnya.

3. Dilombakan dengan Juri yang Kredibel

Taberita.com sebenernya punya dan tahu track record 4 orang yang dipakai panitia buat jadi juri festival. Kalo diceritain satu-satu gak muat entar gaess.. Tapi intinya grup-grup Daul Combo jadi bersemangat ikut festival karena faktor juri itu juga. Nah sebelum-sebelumnya gimana? Infonya sih cuma pawai, gak ada penilaian. Fyi, gara-gara dilombain, panitia ngaku sampai nolak-nolak peserta loh gaess..

4. Didukung Bupati dan Wabup Sampang Digelar 2 Hari

Jadi, Festival Musik Tradisional itu sama panitia dan Bupati-Wakil Bupati Sampang dijadiin semacam pesta rakyat. Baru sekarang di Madura ada acara musik tradisional sampe dua hari. “Capek itu pasti. Tapi Pak Bupati dan Wabup mendukung banget. Melihat peserta dan penonton yang rame kita jadi lupa sama capeknya,” kata Gunawan, salah satu panitia acara itu.

5. Menggaungkan Jingle “Sampang Hebat Bermartabat”

Dan Berikut  Penyaji terbaik dalam masing kategori Lomba

Kategori Doal Combo


ADELA
PUTRA BOPO
GERPAS
PUTRA KAMBOJA
KLENKENG BALAP

Kategori DOAL Dug Dug

IKAMRU
RAJAWALI ORIGINAL
CONG LONGOR
KELABANG HITAM
ANACONDA BATU RAJA

Dan Pada kesempatan itu Bupati Sampang H Slamet Junaidi mengatakan mari kita tetap lestarikan budaya musik tradisional, Daul Combo adalah satu – satunya musik yang ada di Pulau Madura dan Bupati, tidak menginginkan Sampang terkenal dengan kriminalitas.

” Dengan itu marilah kita bersatu padu membangun Sampang yang kita cintai ini dengan penuh prestasi dengan niat ibadah ,” paparnya.

Selanjutnya Bupati Sampang menghimbau kepada masyarakat, untuk saling menjaga ketertiban, kondusifitas dan menjaga kebersihan, himbau Bupati Sampang (**

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.