Tutup
Komunitas

Mengenal Istilah Dasar Memancing

×

Mengenal Istilah Dasar Memancing

Sebarkan artikel ini
Mengenal Istilah Dasar Memancing
Mengenal Istilah Dasar Memancing

Aktifitas Memancing merupakan salah satu kegiatan yg bisa kita lakukan untuk melepas Stress, selain bermanfaat untuk Tubuh, juga akan menimbulkan sensasi Kepuasan tersendiri.

Bagi Anda yang ingin belajar Memancing, tentunya harus mengetahui dulu beberapa Istilah dalam memancing.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Ada banyak istilah yang digunakan dan wajib diketahui oleh para pemancing pemula.

Berikut MPG akan bahas beberapa Istilah Dasar dengan penjelasannya :

#Angler  : Pemancing.

#Tackle  : Peralatan untuk memancing.

#Rod  : Stick atau joran pancing , bahannya bisa di buat dari bambu hingga terbuat dari grafit. Termasuk salah satu alat dasar untuk kegiatan memancing.

#RodHolder  : Tempat untuk menyangga stick atau joran pancing.

#Tegeg / #Bebekan  : Joran panjang berbentuk antenna, tidak menggunakan reel, dan ada berbagai macam ukuran panjangnya.

#Reels  : Alat bantu untuk menggulung benang atau senar pada pancing, ada yang berbentuk spinning, Baitcasting, Oha, Troling, atau model tradisional dari bambu dan pipa pdam.

#Spool  : Tempat untuk menggulung senar atau nylon yang terdapat pada di reel .

#Bearing  / Klaker : Adalah kumpulan bola besi yang menjadi penentu ratio perputaran yang ada pada reel.

#Drag  : Rem pada reel penggulung spinning, baitcasting.

#Hook  : Mata kail dengan ukuran dan berbagai macam – macam bentuknya.

#Rigging  : Rangkain mata kail pada umpan.

#Kenur  : Senar, nylon,atau benang dengan sebutan PE untuk mancing, bisa berbentuk Flurocarbon,monofilament ( berserat tunggal ) atau braided ( berserat banyak ).

#Backlash  : Kusutnya senar atau benang pada reel biasanya salah lempar atau salah untuk menyetel reel, biasanya backlash ini terjadi pada reel baitcasting ( BC ).

#Leader  : Senar atau nylon yang keras dengan jenis monofilament atau fluorocarbon, sangat kuat pula dan tahan dengan gesekan , biasanya di hubungkan dengan line utama dan bisa pula di buat untuk rangkaian.

#FishingKnot  : Adalah Simpul – simpul yang lazim digunakan untuk mancing.

#Timah  : Pemberat untuk mancing, ukuran dan bentuknya biasanya bermacam-macam

#Jighead  : Mata kail yang dilengkapi dengan bandul timah di ujung kepalanya, mata kail ini biasanya khusus untuk lure softplastik dan worm.

#Swivel  / Kili – Kili : Alat untuk Penyambung antara line utama dan rangkaian mata kail yang bisa berputar,dengan ukuran dan bentuknya yang bermacam macam.

#Lure  : Umpan buatan yang berbentuk mainan ikan-ikanan biasanya digunakan dalam teknik Casting, Popping, Jigging, Trolling, dan Fly fishing. Jenis Lure: popper, konahead, minnow, chugger, jerk-bait, stick-bait, pencil, metal jig, spoon, spinner, softplastic, worm, flies, buggy, frogy dll.

#Konahead  : Umpan tiruan yang biasanya menyerupai cumi – cumi,biasanya dipakai untuk memancing dengan cara menonda ( trolling )untuk ikan marlin atau layaran.

#Rapala  : Sejenis merk,atau umpan tiruan yang seperti ikan,biasanya umpan ini di buat untuk mancing teknik casting atau trolling.

#Capela  : Umpan tiruan yang biasanya menyerupai udang-udangan dengan banyak kail pada satu sisinya dan biasanya dipakai untuk memancing cumi – cumi atau sotong.

#LiveBait  : Adalah umpan hidup biasanya seperti udang, kodok,cacing,serangga, ataupun cumi – cumi yg masih hidup.

#Strike  : Umpan disambar ikan.

#Ngetrik  : Pelampung bergoyang seperti mesin jahit ketika umpan dimakan ikan.

#Spot  : Lokasi mancing biasanya terlihat ada ikan yang terdapat ada ikannya, bisa di muara, kali,atau laut.

#SaltWater  : Istilah yang digunakan para pemancing untuk mancing dilaut.

#FreshWater : Istilah yang digunakan para pemancing untuk mancing diair tawar.

#FishFender / #DepthSounder : Alat berbentuk layar monitor yang bisa mencari lokasi ikan,Depth Sounder ini terdiri dari trandoucer untuk berfungsi sebagai sensor dan layar monitor berfungsi untuk melihat letak ikan,karang dan kedalaman air.

#GPS (Global Positioning System) : Alat elektronik untuk mencari atau menandai lokasi dengan koordinat suatu tempat tertentu,Biasanya dipakai pemancing untuk mencari lubuk ikan atau lokasi spot yang terdahulu.

#BalancedTackle : Penyesuaian untuk pemakaian Rod, Reel, Line, Lure agar didapat pemakaian yang tidak mencelakakan diri atau pengrusakan terhadap salah satu perangkat mancing.

#Boat : Kapal untuk memancing, bisa berbentuk speed boat, pancung, pompong, kapal motor berbahan baku dari kayu atau viber.

#FishingTrip : Rencana untuk mancing.

#FishingReport : Laporan hasil memancing.

#MusimAngin : Angin baratan, timur, utara dan selatan.

#HandLine : Memancing tanpa menggunakan joran dan reel alias langsung pake tangan, namun tetap memakai line,timah dan mata kail.

#Ngotrek : Adalah mencari ikan untuk umpan memancing itu sendiri. biasanya rangkaian ngotrek itu terdiri dari beberapa matakail kecil yg berderet – deret atau berurutan. Target ikan selar, tembang, layang, como, kembung, sangir.

#Ngoncer : Memancing dipermukaan atau setengah air dengan menggunakan ikan hidup (LIVE BAIT) sebagai umpan ataupun umpan mati.

Teknik ini sedikit unik bisa menggunakan timah/pemberat yang ringan. Line utama dipasang kili-kili peniti (snap swivel), kemudian disambungkan dengan mata kail dengan kawat nikelin sepanjang 10 cm.

Umpan yang digunakan bisa hidup/mati seperti: sotong, selar, tamban, pelatah, tembang, layang, como, kembung, sangir, bahkan baby barracuda (alu- alu). Umpan hidup dibiarkan berenang menjauhi kapal, menuju lokasi yang paling akurat (tohor), sambil menunggu ikan pemangsa.

#Bottom / Mancing Dasaran : Istilah Mancing ini berarti teknik mancing yang menggunakan pemberat atau timah yang diikatkan di ujung rangkaian mata kail pancing, spot nya bisa di danau,muara,kolam,kali dan laut.

#Trolling (Tonda/tunda) : Memancing yang disebut trolling ini harus menggunakan reel khusus (Over Head) yang cukup kuat dengan joran khusus yang umumnya hanya terdiri dari 1 batang dan harus ditarik kapal dengan kecepatan 5-7 knot.

Trolling ini biasanya menggunakan umpan buatan yang dibuat dari fiber glass, kayu atau plastik. Umpan palsu yang paling populer adalah yang disebut Rapala untuk memancing ikan ikan seperti Tenggiri dan Marlin,layaran. Ada jenis umpan palsu lain yang disebut Konahead yang berbentuk seperti cumi tapi berwarna menyolok untuk mancing ikan ikan sejenis Marlin, Layaran dan Lemadang.

#Mancing Layang – Layang : Teknik ini mirip dengan mancing tonda/trolling dengan menggunakan alat bantu layang-layang. Mancing ini biasanya dilakukan para nelayan di kepulauan seribu untuk mancing ikan cucut dengan umpan ikan kecil.

#Casting : Teknik memancing dengan cara umpan/lure dilempar sejauh mungkin, kemudian reel digulung dengan cepat.

Memancing ini harus dilakukan terus menerus sampai ikan menyambar . Oleh karena itu cara mancing seperti ini termasuk Popping dan Jigging dikategorikan sebagai Sportfishing, casting biasanya dilakukan di muara,danau,sawah yang banjir, kali dan dari pinggiran laut, seperti dermaga, batuan, pantai, bahkan diatas kapal yang sedang berhenti / jalan dengan pelan. Untuk lure bisa memakai minnow atau jump frog dan frogy.

#SurfCasting / #Pasirian : Teknik mancing ini dilakukan dipantai dengan menggunakan joran yang panjangnya kira-kira 4m dan biasanya terdiri dari 3 pieces (potong) dan harus disambung jadi satu. Jorannya hampir seperti joran spinning atau popping biasa hanya jauh lebih panjang. Para angler juga harus menggunakan reel yang khusus dan berukuran cukup besar (biasanya model spinning kelas 4000 keatas).

#RockCasting : Teknik memancing ini hampir sama dengan teknik memancing Surf Casting dan menggunakan peralatan yang hampir sama pula, tetapi dilakukan dari atas batu karang (rock) atau pinggir laut yang curam, untuk memancing ini harus sangat hati – hati.

#Popping : Teknik mancing Popping ini pada dasarnya termasuk dalam kelompok Casting.

Tetapi teknik Popping menggunakan joran yang cukup panjang, antara 180 sampai 210 cm dan terdiri dari 2 pieces yang disambung.

Teknik popping khusus menggunakan “lure” yang disebut Popper yang biasanya berukuran besar dengan berat antara 80 sampai 100 gram. Umpan buatan yang dipakai terdiri dari 2 jenis.

Yang pertama disebut “Chugger” yang kepalanya rata dan memiliki cekukan seperti mangkok. Chugger ini bila disentak sewaktu mengapung akan menimbulkan bunyi “pop, pop, pop” karena kepalanya menabrak air . Itulah sebabnya ia dinamakan “popper”.

Jenis yang satu lagi dinamakan “Pencil” karena kepalanya “tajam” dan pensil ini tidak disentak sentak tetapi hanya ditarik terus – menerus.

#Jigging : Mancing teknik ini sebagai salah satu teknik mancing bukanlah sesuatu teknik yang baru muncul.

Nelayan dari beberapa negara sejak ribuan tahun lalu telah mencoba “menipu” ikan dengan menggunakan umpan palsu yang dibuat dari timah atau logam lain berbentuk ikan kecil (metal jig ) yang dilempar ke dasar laut lalu kemudian ditarik dengan cara fast jig, slow jig dan long jig.

#Garong : Memancing ini sangat popular dengan sebutan “ngegarong” karna menggunakan sejenis mata kail yang bermata 6(enam) berbentuk seperti matahari yang disebut pancing “GARONG”.

Uniknya seringkali (atau lebih sering) ikan yang digarong tertangkap bukan karena pancing nyangkut di mulutnya tetapi nyangkut di insang, di pipi, pundak, perut, buntut, dsb.

Memancing teknik ini biasanya menggunakan joran TEGEK/BEBEKAN yang khas disebut di jawa timur yaitu joran tanpa kolong-kolong (cincin/guide) yang panjangnya antara 3,5 m sampai 6 meter.

Mancing cara “garong” ini harus menggunakan pelampung kecil yang dibuat dari kayu ringan.Untuk umpan bisa juga memakai pellet por, atau buah pepaya,lumut dll.Dan biasanya memancing ini di pinggiran laut seperti pelabuhan kapal dan batu – batuan.

#FlyFishing : Yaitu salah satu istilah teknik memancing yang dikembangkan seorang bangsawan dari Inggris. Namun adapula yang menyebutkan bahwa fly fishing itu sudah ada sejak abad ke 2 masehi. Pada jaman Romawi kuno Claudius Aelinus, yang menyatakan memancing dengan menggunakan artificial fly.

Secara umum fly fishing adalah seni memancing dengan menggunakan artificial bait berbentuk fly (serangga). Artificial flies ini bisa terbuat dari tying hair, fur, feathers, atau material lainnya baik yang natural ataupun synthetic. Perangkat memancingnyapun menggunakan joran khusus fly dan fly line khusus terbuat dari line yang di coated plastik.Fly fishing dapat dimainkan di freshwater maupun saltwater.

#Drifting / Mancing Nganyut : Adalah “slow trolling”.

Drifting membuat kita dapat memancing diarea yang lebih luas dari pada dengan kapal berjangkar. Kapal akan berhanyut disebabkan oleh arus & angin. Kalau arus & angin searah, kapal akan drift cukup cepat, sedangkan kalau berlawanan arah kapal mungkin tidak akan bergerak. Karena itu biasanya sambil berhanyut mesin tetap hidup & si kapten mengatur kecepatan & arah bergerak kapal.

Kenapa perlu berhanyut? Karena ada beberapa alasan:
– Lokasi yang ingin di cover luas dan waktu mancing terbatas
– Laut terlalu dalam & tidak praktis menggunakan jangkar
– Target ikan di tengah air, sedikit diatas dasar laut, atau ikan dasar yang bisa diundang ke “atas”, dan dasar laut adalah wreck (kapal tenggelam), bukit/lembah bawah laut, bongkahan karang, drop-off, tandes luas, etc.

Drifting biasanya dikombinasikan dengan chumming berupa bongkahan daging ikan/kerang/udang 51.

#BILLFISH Jenis ikan berparuh, termasuk marlin hitam, marlin biru, marlin loreng, ikan tondak, dan ikan layaran.

#MancingLobang atau #Gopak : Teknik memancing khusus untuk mancing ikan Nila/Mujair babon. Dengan mencari sarang atau lubang dari ikan Nila/Mujair babon yg berbetuk cekungan wajan.

Caranya menggunakan rangkaian sistem glosor namun memakai pelampung yang panjang kurang lebih ukuranya sampai 30cm. Untuk umpannya pun cukup pakai steroform (gabus putih) atau spon dari bahan sandal. Fungsinya sebagai pengganggu sarang atau lubang,karena ikan Nila/Mujair sering membersihkan sarang lubang tersebut .

#Chumming : Yaitu memberikan perangsang pada ikan dengan cara melempar-lempar umpan atau mengebom, supaya ikan tertarik untuk mendekat.

Chumming sebaiknya jangan dilakukan terlalu banyak pada satu waktu, dan jangan terlalu cepat. Patokan yang biasa sering digunakan adalah, kalau umpan yang baru dilempar masih kelihatan dipermukaan, jangan ditambah, biarkan hilang perlahan-lahan. Setelah itu diamkan sebentar baru kemudian lempar lagi umpan dalam jumlah yang sama.

#Ngoyor : Memancing dengan setengah badan dan berendam didalam air.

#Rumpon : Sebuah karang buatan yang dibuat dengan manusia dan karang tersebut terbuat dari kayu, ban bekas, cor2an semen, bekas kapal,becak dll yg sengaja ditenggelamkan, rumpon tersebut berfungsi sebagai tempat bersarang dan berkumpulnya ikan.

#MancingHarian : Adalah istilah Mancing yang berarti kegiatan memancing satu hari penuh dengan membayar uang sewa dikolam dan ditambak.

#MancingKiloan : Istilah Mancing ini berarti mancing dengan sistem memancing terlebih dahulu lalu ditimbang perolehan ikan yg terpancing dan membayar sebesar apa yang diperolehnya berdasarkan satuan KILOGRAM. Jenis ikan yang di pancing biasanya seperti Nila/Mujaer, Tombro/Ikan mas, Bandeng, Bawal, Patin dll.

#KiloGebrus : Memancing ini biasanya khas Jawa Barat mulai dari depok, bogor, cianjur, sukabumi sampai subang, garut dan tasik. Sistemnya adalah pemancing di tentukan menurunkan beberapa kilo ikan kedalam kolam baru dan ini dilakukan oleh para pemancing.

#MancingBorongan : Mancing dengan sistem memborong satu kolam atau tambak . Biasanya di lakukan tawar menawar terlebih dahulu antara pemancing dan pemilik kolam atau tambak. Trus ikan bisa di pancing sepuasnya satu harian. Atau bahkan bila perlu di kuras airnya dan dijaring.

#Ngomset : Istilah Mancing yang berarti sukses mendapat ikan banyak kadang pula juara dalam mancing.

#Tag&Release : Istilah Mancing yang satu ini berarti pemberian tag pada ikan hasil pancingan tersebut sebelum dilepaskan kembali. Istilah ini biasanya digunakan pada jenis-jenis ikan billfish, walaupun tidak menutup kemungkinan penggunaan tag pada jenis ikan lain. Hal ini dilakukan untuk melindungi jenis-jenis habitat ikan tertentu terhadap kemusnahan, coba lihat tayangan mancing di televisi swasta kadang tag and release.

#Boncos : Adalah istilah mancing untuk para pemancing ikan, yang pada saat memancing tidak mendapatkan ikan sama sekali.

#Mocel : Adalah istilah mancing pada saat strike atau hook up dan ikan tersebut lepas ke air lagi.

Itulah beberapa istilah dalam dunia memancing yang terkadang kita tidak tahu.

Bagi Para master mancing, para suhu dan kawan – kawan mancing mungkin bisa mengkoreksi atau menambahkan istilah – istilah mancing yang belum ada, sehingga kita semua bisa menambah wawasan pengetahuan di dunia memancing, khususnya bagi pemancing Pemula.

Nah, bagi Anda yang perlu informasi seputar Spot Memancing Daerah Madura ,  Sampang Khususnya bisa langsung Chat Langsung Via WA dengan klik:

s.id/Efn  (otomatis Chat)

Jangan lupa untuk Like, komen, dan Share agar info ini semakin bermanfaat serta bisa menambah & mempererat persaudaraan para Angler.

-Ref: dari berbagai sumber