Sampang Lestarikan Budaya Petik Laut

Bupati Sampang, Madura, Jawa Timur, Noer Tjahja, menyatakan Pemkab akan melestarikan budaya tradisional yang selama ini tumbuh dan berkembang di masyarakat, seperti “petik laut” atau yang dikenal dengan istilah “rokat tasek” agar tidak punah.

“Untuk petik laut tahun depan terus kita agendakan. Selain untuk melestarikan budaya leluhur, juga agar pengunjung atau wisatawan dari luar Madura banyak yang datang ke Sampang,” kata Bupati Noer Tjahja, saat membuka acara petik laut di Pantai Raden Segoro, Desa Nipa, Kecamatan Banyuates, Sampang, Minggu.

Bupati yakin, dengan tetap melestarikan budaya tradisional sebagaimana petik laut, nantinya akan banyak menarik minat para wisatawan untuk berkunjung ke kota Bahahari tersebut baik wisatawan domestik maupun para wisatawan asing.

Di Jawa, kata dia, sebenarnya ada juga tradisi petik laut, sebagaimana di Sampang tetapi nilai keunikan yang dimiliki dalam tradisi petik laut tersebut tidak sama dengan keunikan yang dimiliki masyarakat Sampang.

“Tahun depan kami akan menyediakan anggaran khusus untuk acara petik laut ini, sehingga nantinya acara lebih merih dibandingkan dengan acara yang digelar saat ini,” katanya.

Kepala Dinas Kabudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Sampang, Ach Bahrawi berjanji akan melaksanakan dan mengagendakan petik laut sesuai instruksi yang disampaikan Bupati Sampang itu.

“Budaya memang sangat penting untuk dikembangkan seperti petik laut,” katanya.

Nur Hasanah, warga Desa Nipah, Kecamatan Banyuates mengatakan sebenarnya jika ada kegiatan besar seperti itu yang diuntungkan bukan hanya Pemkab, tetapi juga rakyat kecil, seperti pedagang kaki lima.

“Sebab kalau ada acara seperti ini, penjualan lebih laris, sehingga keuntungan juga lebih banyak,” kata nenek dengan lima anak itu menegaskan.Blogger-Emoticon.blogspot.comBlogger-Emoticon.blogspot.comBlogger-Emoticon.blogspot.com

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Leave a Reply

Tentang Kami

Sampang Kreatif adalah website sosial berbasis Kreasi publikasi video, foto & mini infografis Kab. Sampang. . Sampang Kreatif memiliki tujuan untuk mengembangkan ekosistem sosial yang positif kepada anak muda di Sampang.

Recent Posts

Menulis Untuk Kami

Kami ingin bekerja dengan talenta kreatif, bersemangat, serta ingin mempromosikan seni budaya Kabupaten Sampang ke dunia. Berbagi hal-hal istimewa dan unik tentang daerah di Kabupaten Sampang, masyarakat, adat istiadat, lokasi wisata, dan kegiatan-kegiatan seni budaya .

Anda dapat berbagi cerita, pengalaman perjalanan, dan lainnya dalam bentuk artikel, dengan bergabung di sini.

Hubungi Kami

Silahkan menghubungi kami melalui private message

Melalui form yang berada pada bagian kanan halaman ini. Kritik dan saran Anda sangat penting bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanan yang kami berikan kepada Anda.