Tari Topeng Gettak

Sebuah tari tradisional yang menggambarkan seorang kesatria sedang berkelana. Oleh karenanya tari ini disebut juga Tari kelonoan. Konon tarian ini merupakan abtraksi dari tari Topeng Baladewo dalam kesenian topeng dalang yang pernah berkembang dikalangan bangsawan.
Disebut Tari Topeng Getak karena tarian ini dipacu oleh musik iringan sronen kenong tello’ yang bunyi suaranya didominasi oleh suara kendang. Tarian ini disamping berfungsi sebagai tari pembukaan pada kesenian sandhur juga disajikan sebagai hiburan penyambut tamu dan lain-lain.
Tari Rondhing
Tari tradisional Rondhing adalah suatu bentuk drama tari komedi yang menggambarkan tentang kegiatan baris-berbaris pada jaman penjajahan. Oleh karena itu tarian ini disebut juga tari baris. Disamping itu tarian ini disebut juga tari kenca’ karena gerak tariannya dominan berupa gerak kaki yang dihentak-hentakkan.
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on pinterest

Leave a Reply

Tentang Kami

Sampang Kreatif adalah website sosial berbasis Kreasi publikasi video, foto & mini infografis Kab. Sampang. . Sampang Kreatif memiliki tujuan untuk mengembangkan ekosistem sosial yang positif kepada anak muda di Sampang.

Recent Posts

Menulis Untuk Kami

Kami ingin bekerja dengan talenta kreatif, bersemangat, serta ingin mempromosikan seni budaya Kabupaten Sampang ke dunia. Berbagi hal-hal istimewa dan unik tentang daerah di Kabupaten Sampang, masyarakat, adat istiadat, lokasi wisata, dan kegiatan-kegiatan seni budaya .

Anda dapat berbagi cerita, pengalaman perjalanan, dan lainnya dalam bentuk artikel, dengan bergabung di sini.

Hubungi Kami

Silahkan menghubungi kami melalui private message

Melalui form yang berada pada bagian kanan halaman ini. Kritik dan saran Anda sangat penting bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanan yang kami berikan kepada Anda.