Beranda Seni Keindahan Serta Corak Khas Batik Sampang

Keindahan Serta Corak Khas Batik Sampang

97
0

Keindahan serta corak khas batik Madura Khususnya Sampang ternyata diakui oleh istri Bupati Sampang yang merupakan ketua TP-PKK Sampang Ibu Anik Amanillah Fannan.

Hal tersebut Beliau lontarkan saat meninjau pameran seni dan budaya yang digelar Dinas Pendidikan Sampang dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional, Kamis (2/5) lalu di Pendopo Bupati Sampang.

Selain melihat olahan dari berbagai macam bahan makanan seperti singkong dan beras merah, Anik Amanillah Fannan tertarik dengan batik tulis khas Madura yang diperagakan oleh para siswa SMP dan SMA.

Menurutnya batik Madura memiliki corak dan motif berbeda dari daerah lainnya. “ Batik Madura kebanyakan corak warna yang dominan merah dengan motif gambar burung merak dibandingkan dengan daerah lain, ini semakin memperkaya jenis-jenis batik,”kata Anik Amanillah.

Bahkan Anik Amanillah Fannan terkesima saat melihat dua orang siswi SMA yang membatik dengan lihainya pada sehelai kain putih.

“ saya sangat setuju jika kerajinan membatik mulai diajarkan disekolah-sekolah agar kebudayaan membatik di Sampang tidak punah dan dapat diwariskan kepada generasi muda yang gemar membatik,” Ungkapnya.

Istri Bupati Sampang ini juga berkesempatan membatik di kain yang bermotif daun. Seakan sudah terbiasa, Anik Amanillah Fannan mencanting batik Sampang dan membubuhkan tanda tangan di kain tersebut.

“ sekarang varian batik Madura sudah modern dan banyak pilihan warna serta motifnya dan para pembatik saat ini sudah mengikuti perkembangan zaman,” lanjut Anik

Dia mengapresiasikan perajin batik yang sudah memanfaatkan pewarna dari alam. “Dengan pewarna alam lebih aman bagi lingkungan dan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi manusia,” imbuhnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here