Tutup
Wisata

Gua Lebar Sampang

×

Gua Lebar Sampang

Sebarkan artikel ini
Gua Lebar Sampang
Gua Lebar Sampang

Gua Lebar Sampang, tempat yang tak hanya penuh dengan sejarah, tetapi juga menawarkan keindahan alam yang memukau. Situs ini telah menjadi saksi bisu perjalanan panjang manusia di masa lalu dan kini menjadi destinasi menarik bagi para penjelajah dan wisatawan yang mencari petualangan dan keindahan alam.

Konon, pada zaman purbakala, gua ini digunakan sebagai tempat bertapa dan penyepian oleh para penganut Paganisme yang menyembah Dewa-Dewa masa kuno, jauh sebelum Islam masuk ke Sampang. Hingga saat ini, masyarakat sekitar masih meyakini bahwa di dalam gua ini masih ada perlengkapan untuk pemujaan, seperti patung-patung dan artefak lainnya. Namun, jalan masuk ke gua ini telah tertutup oleh batu-batu dan proses alam lainnya.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Gua Lebar memiliki diameter sekitar 200 meter dan kedalaman hingga 300 meter. Lokasinya berada di Jalan Pahlawan, Gang V, satu jalur menuju Pebabaran Pangeran Trunojoyo. Jika Anda belum pernah mengunjungi Sampang dan ingin melihat gua ini, aksesnya sangat mudah. Cukup cari Masjid Agung Kota Sampang, lalu dari sana, arahkan diri Anda ke arah timur dan berbelok ke kiri secara perlahan. Bersabarlah dan teruslah mencari gerbang Pahlawan, Gang V. Begitu Anda menemukannya, mulailah mendaki ke arah timur hingga Anda tiba di sebuah tribun kecil, dan itulah lokasinya.

Dan bagaimana dengan pemandangannya? Katakan saja, nikmati sendiri. Di sebelah barat, Anda bisa menikmati pemandangan hampir seluruh Kota Sampang. Di sebelah utara dan timur, Anda akan disuguhi oleh sawah hijau yang terbentang luas dan bukit-bukit hijau yang indah. Di sebelah selatan, Anda dapat menikmati panorama laut yang menakjubkan dan melihat sebuah pulau kecil bernama Pulau Kambing, yang sering disebut sebagai Pulau Gili oleh masyarakat setempat.

Pada pertengahan tahun 2010, Pemerintah Kota Sampang memulai proyek untuk merenovasi Gua Lebar ini. Mereka menambahkan ornamen-ornamen yang mempercantik tampilan gua. Sekarang, di atas gua bagian utara, terdapat tribun tambahan tempat Anda bisa bersantai sambil menikmati udara segar dari perbukitan. Di depan pintu gua, mereka juga menambahkan patung raksasa yang sedang menahan batu, mungkin sebagai simbol masyarakat sekitar yang mayoritas bekerja sebagai penambang batu. Selain itu, ada juga hiasan-hiasan lain yang menambah kenyamanan tempat ini untuk bersantai.

Seringkali, pemerintah kota membuat tempat-tempat rekreasi untuk memanjakan masyarakatnya, dan Gua Lebar Sampang adalah salah satu contohnya. Semoga kedepannya akan lebih banyak lagi tempat-tempat serupa yang bisa dinikmati oleh masyarakat lokal maupun wisatawan. Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi Gua Lebar Sampang dan menikmati pesonanya yang tak tertandingi.